STRUKTUR DAN FUNGSI ORGANEL SEL

1. Membran Sel
Membran Sel Tersusun atas lapisan lipoprotein gabungan lemak dan protein perbandingan 50:50. Lipid yang menyusun membran adalah pospolipid yang bersifat hidrofilik  dan sterol yang bersifat hidrofobik. Protein yagn terdapat pada permukaan luar dan dalam membran sel disebut protein ekstrinsik yang bersifat hidrofobik. Sedangkan protein yang ada dan menembus kedua lapis lipid disebut protein intrinsik yang bersifat hidrofobik. Membran sel bersifat semi permiabel. Berikut ini sifat sifat membran sel:

  • Pembatas antara isi sel dengan bagian luar sel
  • Sebagai pelindung sel
  • Sebagai tempat pertukaran zat
  • Sebagai reseptor dari rangsang luar
  • Sebagai tempat berlangsungnya reaksi-readsi kimia.

2. Sitoplasma
sitoplasma ada dalam dua bentuk yang dipengaruhi kandungan air yaitu fase Sol yang padat dan Fase Gel (cair).

3. Organel Sel
ada macam macam organel sel, antara lain Mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma, Golgi komplek, lisosom, vakuola, ribosom, peroksisom, mikrotubulus, mikrofilamen, nukleus, aparatus golgi, dan sentrosom

a. Mitokondria
Pada beberapa sel, mitokondria dapat bergerak bebas membawa ATP ke daerah-daerah yang memerlukan energi. mitokondria tersusun atas 2 sistem membran yaitu membran dalam dan membran luar. Membren dalam membentuk tonjolan-tonjolan ke arah dalam (membran krista) untuk memperluas bidang penyerapan oksigen. Matrik Mitokondria mengandung protein, lemak, enzim sitokrom, DNA & ribosom sehingga memungkinkan sintesis enzim-enzim respirasi secara otonom. untuk melintasi membran mitokondria memerlukan mekanisme transpor aktif.
Fungsi Mitokondria adalah sebagai tempat berlangsung respirasi untuk menghasilkan energi.

b. Peroksisom (badan mikro)

Peroksisom dibentuk dalam retikulum endoplasma granular. Peroksisom mengandung berbagai enzim yang terlibat dalam produksi peroksida hidrogen (H2O2).

Fungsi peroksisom yaitu penghasail enzim katalase yang menguraikan H2O2 menjadI H2O + O2

c. Mikrotubulus
Mikrotubulus berfungsi untuk membentuk silia, sentriol dan benang-benang spindel.

d. Mikrofilamen
Mikrofilamen adalah penanggung jawab seluruh gerakan di dalam sel

e. Nukleus
Nukleus adalah inti sel. Inti sel berhubungan dengan kandungan DNA. Volume nukleus betambah seiring dengan peningkatan aktivitas sintetis sel.

f. Retikulum Endoplasma
Retikulum endoplasma (RE) terdiri dari RE Kasar dan RE halus
Fungsi RE halus: mengangkut protein yang disusun pada RE kasar bersama Golgi Komplek, melaksanakn reaksi awal pada oksidasi lemak, menyimpan fospolipid, glikolipid dan steroid, melaksanakan detoksifikasi drug dan racun.

g. Aparatus Goolgi
Aparatus golgi terdiri atas kumpulan vesikel pipih yang berbentuk kantong berkelok-kelok (sisternae). Aparatus Golgiyang terdapat pada sel tumbuhan disebut diktiosom, kebanyakan terletak di dekat membran sel .Aparatus golgi dapat bergerak mendekati membran sel untuk mensekresikan isinya ke luar sel. oleh karena itu, organel ini disebut organes sekresi.
Di dalam aparatus golgi banyak enzim pencernaan yang belum aktif, seperti zimogen dan koenzim. selain itu dihasilkan pula lendir yang disebut musin. Aparatus golgi juga dapat membentuk lisosom.

h. Ribosom
Ribosom adalah organel pen-sintesis protein. Ribosom sering menempel satu sama lain membentuk rantai yang disebut poliribosom atau polisom. Antar unit ribosom diikat oleh mRNA.
Berdasarkan kecepatan sedimentasi, dibedakan menjadi ribolom subunit kecil (40s) dan ribosom subunit besar (60s).

i. Lisosom
Lisosomdihasilkan oleh aparatus golgi yang penuh dengan protein. Lisosom menghasilkan enzim-enzim hidrolitik seperti proteolitik, lipase, dan fosfatase. Enzim hidrolitik berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam sel secara fagositosis. Lisosom juga menghasilkan zat kekebalan sehingga banyak dijumpai pada sel-sel darah putih. Lisosom juga bersifat autolisis, autofagi, dan menghancurkan makanan secara edsositosis.

Ada dua macam lisosom, yaitu lisosom primer dan sekunder. Lisosom primer memproduksi enzim-enzim yang belum aktif. Fungsinya adalah sebagai vakuola makanan. Lisosom sekunder adalah lisosom yang terlibat dalam kegiatan mencerna. Ia berfungsi sebagai autofagosom.

j. Kloroplas
Kloroplas merupakan plastida yang mengandung pigmen hijau yang disebut klorofil. Kloroplas berasal dari proplastida. Proplastida berukuran lebih kecil dari kloroplas dengan sedikit atau tanpa membran internal. Kloroplas terbungkus oleh membran ganda. Membran ganda berperan mengatur keluar masuknya ion atau senyawa ke dandari dalam kloroplas. Pada membran internal kloroplas terdapat pigmen fotosintesis. Pigmen itu banyak terdapat pada permukaan luar membran internal disebut thilakoid.

Pigmen utama yang terdapat pada membran thilakoid adalah klorofil a (C55H72O5N4Mg) dan klorofil b ( C55H70O5N4Mg ), selain itu juga terdapat pigmen karotenoid. Pada membran pembungkus kloroplas umumnya terdapat violaxanthin.
Fungsi kloroplas adalah sebagai tempat berlangsung fotosintesis.

k. Sentrosom
Sentrosom hanyadapat dijumpai pada sel hewan. Sentrosom pada saat reproduksi sel akan membelah menjadi sentriol. Sentriol tersusun atas benang-benang tubulin atau dibentuk oleh mikrotubulus. Sentriol membentuk benang-benang spindel yang dapat menggerakkan kromosom pada saat pembelahan mitosis.

l. Dinding Sel
Dindingsel tersusun atas selusosa dan derivat-derivatnya. Dinding sel berfungsi sebagai proteksi sel terhadap faktor-faktor mekanis dan memberi bentuk sel relatif tetap. Dinding sel hanya terdapat pada sel tumbuhan saja. Pada dinding sel terdapat celah untuk berkomunikasi antarsel yang disebut plasmodemata.

m. Vakuola
Vakuola berisi garam-garam organik, glikosida, tanin(zat penyamak), minyak eteris, alkaloid, enzim, dan butir-butir pati. Pada beberapa spesies dikenal adanya vakuola kontraktil dan vakuola nonkontraktil.

200 Komentar (+add yours?)

  1. Viori
    Jan 07, 2011 @ 11:36:58

    aduh aq mau tanya banyak nih,,
    funfsi :
    1. membran vakuola
    2. butir butir pati didalam koroplas
    3. membran nukleus

    Balas

    • faujan
      Mei 17, 2012 @ 14:52:24

      namanya juga membran kayak yg kita tau kalau membran itu sel yg lunak tempat terdapat nya organel sel seperti membran sitoplasma,membran nukleus(inti sel) dan laen2

      Balas

    • Anonymous
      Nov 07, 2012 @ 11:56:07

      aq gak tau

      Balas

    • Anonymous
      Apr 14, 2013 @ 12:35:54

      saya mau butir-butir pati dalam kloroplas

      Balas

    • Nindy
      Jul 29, 2013 @ 12:51:48

      1. Dinding sel
      • Dinding sel hanya terdapat pada sel tumbuhan
      • Dinding sel tersusun atas selulosa yang kuat yang dapat memberikan sokongan, perlindungan dan untuk mengekalkan bentuk sel
      • Terdapat liang pada dinding sel untuk membenarkan pertukaran bahan diluar dengan bahan didalam sel
      • Dinding sel terdiri dari selulosa (sebagian besar), hemiselulosa, pektin, lignin, kitin, garam karbonat dan silikat dari Ca dan Mg
      Fungsi dinding sel :
      • Memberi bentuk sel
      • Melindungi bagian sebelah dalam dan mengatur transportasi zat
      • Menyokong tumbuhan yang tidaka berkayu
      2. Nukleus
      • Merupakan inti dari sel, berbentuk bulat, dibatasi oleh membran sehingga cairan sel bisa keluar masuk
      • Secara kimia terdiri dari DNA, RNA dan protein (histon)
      • Dalam nukleus terdapat kromosom yang berfungsi untuk pembelahan sel
      Fungsi nukleus :
      • Mengendalikan metabolisme sel
      • Tempat penggandaan dan transkripsi DNA
      • Pengatur pembelahan sel dan pembawa informasi genetik
      3. Mitokondria (The Power House)
      • Benda bulat berbentuk tongkat mempunyai 2 lapis membran
      • Ukurannya 0,2–5 micrometer
      • Jumlahnya dalam sel berbeda-beda
      • Terdapat pada sel saraf dan sel otot
      • Respirasi seluler menghasilkan energi melalui metabolisme aerob
      • Lapisan didalamnya berlekuk-lekuk dan dinamakan krista
      Fungsi mitokondria :
      • Mengandung enzim-enzim yang melakukan oksidasi makanan dan mensintesa ATP untuk energi pada sel
      • Tempat terjadinya respirasi sel menghasilkan energi
      4. Ribosom (Ergastoplasma)
      • Bagian paling kecil yang tersuspensi/tersebar di dlama sitoplasma
      • Terdapat dalam sel hati kurang lebih 25%
      • Ada yang melekat di RE (sehingga menjadikan RE tersebut dinamakan RE kasar dan ada pula yang soliter)
      Fungsi ribosom :
      • Mensintesa protein, protein yang baru di sintesa dikemas dalam satu organel yang dibatasi membran
      5. Retikulum Endoplasama (RE)
      • Berbentuk tabung pipih berpasang-pasangan
      • Terbagi dua : 1. RE kasar > retikulum yang pada membrannya menempel ribosom, berfungsi
      untuk sintesa protein
      2. RE halus > tanpa ribosom, berfungsi mensintesa lemak, fosfolipid dan steroid
      • Struktur RE hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron
      Fungsi Retikulum Endoplasma :
      • Sebagai alat transportasi zat-zat didalam sel itu sendiri
      6. Badan Golgi (Apparatus Golgi = Diktiosom)
      • Terdapat pada semua sel tumbuhan dan hewan
      • Berbentuk setumpuk saku pipih berkelok-kelok yang dibatasi membran
      • Di hasilkan oleh RE halus
      • Pada sel tumbuhan badan golgi disebut diktiosom
      • Organel ini dihubungkan dengan fungsi ekresi sel
      Fungsi badan golgi :
      • Memodifikasi protein dengan menambahkan oligosakarida
      • Membentuk lisosom
      • Untuk sekresi pada mukosa
      7. Lisosom
      • Berbentuk bulat, yang dibatasi oleh membran tunggal
      • Dihasilkan oleh apparat golgi yang penuh dengan protein
      • Mempunyai enzim hidrolitik untuk pencernaan polisakarida, lipid, asam nukleat & protein
      • Salah satu enzimnya yaitu Lisozym
      Fungsi lisosom :
      • Berperan penting dalam matinya sel
      • Mencerna makromolekul secara intraseluler
      • Sebagai penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler
      • Mencerna materi yang di ambil secara endositosis
      • Menghancurkan organel sel lain yang sudah tidak berfungsi
      • Menghancurkan selnya sendiri (autolisis)
      8. Sentriol/Sentrosom
      • Terdapat dalam sitoplasma pada permukaan luar nukleus, yang terdiri dari sebaris silinder sebanyak 9 mikrotubuli
      • Sebelum sel membelah, sentriol akan berduplikasi untuk membentuk benda basal, silia, dan flagela
      • Struktur berbentuk bintang yang berfungsi dalam pembelahan sel (mitosis maupun meiosis)
      Fungsi sentrosom :
      • Mengatur pembelahan sel dan pemisahan kromosom selama pembelahan sel pada hewan
      • Mensintesis mikrotubul silia dan flagela
      • Menghasilkan gelendong pada sel hewan
      • Sebagai benda kutub dalam mitosis dan meiosis
      9. Membran Plasma
      • Tersusun atas karbohidrat, protein dan lemak
      Fungsi membran plasma :
      • Pelindung bagi sel agar sel tidak keluar
      • Pengatur pertukaran zat yang keluar masuk ke dalam sel
      • Melakukan seleksi dalam atau luar sel (selektif permeabel)
      10. Sitoplasma
      • Merupakan cairan sel dalam sel (sitosol)
      • Didalamnya terdapat berbagai organel sel
      Fungsi sitoplasma :
      • Sebagai tempat berlangsungnya metabolisme sel
      11. Vakuola (Rongga Sel)
      • Berisi garam-garam organik, glikosida, tanin (zat penyamak), minyak eteris, alkaloid, enzim, butir-butir pati
      Fungsi vakuola :
      • Sebagai pengatur tekanan turgor
      • Tempat menyimpan cadangan makanan, pigmen, minyak astiri dan sisa metabolisme
      12. Plastida
      • Mengandung pigmen dan menyimpan makanan
      • Memiliki membran rangkap, berkembang dari proplastida di daerah meristematik
      • Macam-macam plastida : > Leukoplas : tidak berwarna sebagai gudang simpanan makanan, amiloplas (berisi amilum), proteinoplas (protein), elailoplas (berisi minyak dan lemak)
      > Kloroplas : berwarna hijau, mengandung klorofil, pigmen karotenoid, berfungsi untuk fotosintesis
      > Kromoplas : berwarna merah/kuning, mengandung karotenoid (karoten dan xantofil), non fotosintesis
      13. Peroksisom (Badan Mikro)
      • Bentuk dan ukuran sama seperti lisosom
      • Mengandung enzim, terutama katalase, yang mengkatalisisr perombakan H2O2 yang berbahaya pada metabolisme
      Fungsi peroksisom :
      • Merubah lemak menjadi karbohidrat
      • Menghasilkan enzim oksidatif untuk membentuk H2O2 untuk merombak lemak
      • Menghasilkan enzim katalase untuk mengubah H2O2 menjadi H2O dan O2
      14. Mikrotubulus
      • Berbentuk benang silindris, kaku, berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel dan sebagai rangka sel, terdapat pada hewan dan tumbuh-tumbuhan
      Fungsi mikrotubulus :
      • Membentuk protein tubulin
      • Penyusun spindel, sentriol, silia & flagela
      • Berperan penting dalam pembelahan sel
      15. Mikrofilamen
      • Berbentuk serat tipis panjang, penampang 5–6 micrometer
      • Terdiri dari protein aktin dan miosin (contohnya pada otot)
      Fungsi mikrofilamen :
      • Berfungsi pada pergerakan sel sewaktu terjadi pembelahan, sitoplasma dan kontraksi otot

      Balas

    • Putry Nowna
      Okt 16, 2013 @ 15:08:33

      apa fungsi sel yg menurut anda sendiri >??

      Balas

  2. Etri ajja
    Apr 07, 2011 @ 10:02:10

    Kalo fungsi pospolipid dan peranan steroid apa sich artinyaaaaaaaa??????????

    Balas

  3. venna
    Sep 13, 2011 @ 09:36:50

    apa fungsi subunit apa ribosom???????

    Balas

  4. venna
    Sep 13, 2011 @ 09:37:40

    aku mau nx apa fungsi subunit pada ribosom????

    Balas

  5. nelson
    Mar 06, 2012 @ 13:20:09

    makasih ya atas referensinya

    Balas

  6. idah jhuman
    Apr 20, 2012 @ 08:44:19

    ap she itu membran sel

    Balas

  7. Anonymous
    Jul 07, 2012 @ 12:59:30

    kenpa ada yang gak ada fungsinya ..??

    Balas

  8. bulan gustiana
    Jul 18, 2012 @ 12:22:23

    kok pada gak ada fungsi nyA ???????????????

    Balas

  9. wildan and azka
    Jul 19, 2012 @ 10:30:29

    bisane laaaaaaangka fungsiiiiiiine yoh ngawag. . .

    Balas

  10. Anonymous
    Jul 21, 2012 @ 05:39:41

    iya ya???? ga da pun fungsinya… ahhhh boong ini…….

    Balas

    • imaisfree
      Jul 25, 2012 @ 13:35:13

      ampuuuuun ampuuuuuuuun
      ini salinan catetan Biologi saya kelas 2 SMA dulu, makanya ya apa adanya sesuai catetan saya… sekali lagi mohon maaf krn ketidaklengjkapan ini

      Balas

  11. dianty
    Jul 22, 2012 @ 02:11:09

    apa sich yang terjadi jka tdak ada membran sel

    Balas

  12. fitri
    Jul 22, 2012 @ 11:55:19

    qu mau nanya nich,,,,,
    apa sich fungsinya
    *Ribosom & vakuola

    Balas

  13. Anonymous
    Jul 23, 2012 @ 05:48:18

    oooiii….
    bagian yg nglindungin nukleus apa y???

    Balas

  14. Anonymous
    Jul 24, 2012 @ 13:12:22

    ga ada fungsi nya..???

    Balas

  15. lidya_smith
    Jul 24, 2012 @ 14:51:45

    Que pngend nanya phaw fngsix LEUKOPLAS and LUMEN???

    Balas

  16. nikolaus
    Jul 25, 2012 @ 06:51:42

    duh aku hax ingin nanya, klu fungsi plastida pa ya?

    Balas

  17. ika lestari
    Jul 25, 2012 @ 12:54:38

    yang saya butuhkan itu macam-macam organel sel!

    Balas

  18. Alfi
    Jul 25, 2012 @ 14:47:38

    Aku mau tanya, apa sih bedanya fungsi ribosom di sitoplasma dengan fungsi ribosom di RE kasar?? Mohon bantuannya ya.

    Balas

  19. tyas
    Jul 25, 2012 @ 14:50:32

    saya mau tnya apa fungsi dari organel sel sitosol dan organel sel nukleolus?

    Balas

  20. zhenny zibarani
    Jul 26, 2012 @ 12:39:58

    like it

    Balas

  21. Anonymous
    Jul 29, 2012 @ 14:50:14

    ijin copas ya, makasiih..
    jangan lupa kunjungi blog saya faqihash.blogspot.com :)

    Balas

  22. Muhamad Faqih
    Jul 29, 2012 @ 14:52:07

    ijin copas ya, makasiih..
    jangan lupa kunjungi blog saya faqihash.blogspot.com :)

    Balas

  23. citra putri yanuar
    Jul 31, 2012 @ 14:15:40

    fungsi plastida itu apa?

    Balas

  24. Zudan Nugraha Aulia Azmi
    Agu 01, 2012 @ 14:27:41

    organel sel yg trdiri dri membran” paralel dgn rongga” pipih atau bentuk tubulus serta tidak bergranula itu organel pa ya…?

    Balas

  25. Nita
    Agu 03, 2012 @ 08:32:05

    saya itu nanya oragnel bukan struktur ! HARAP DIBEDAKAN !

    Balas

  26. s
    Agu 03, 2012 @ 10:04:49

    idiot aja bangga

    Balas

  27. Andi Miftah
    Agu 05, 2012 @ 23:19:38

    Strukturnya Mikrofilamen dan Mikrotubulus seperti apa?

    Balas

  28. DINI
    Agu 21, 2012 @ 03:04:29

    mau nanya dong, dibalas yaa kalau manfaat transfor pada membran plasma itu apa aja?

    Balas

  29. tirta
    Agu 28, 2012 @ 23:38:51

    hm, aku mau nanya dikit nih . smoga ada jawabannya, (:
    > apa fungsi dari sentriol ?
    please answer my question . (:

    Balas

  30. Anonymous
    Sep 06, 2012 @ 15:06:48

    Mengapa lisosom, sentrosom dan badan golgi berfungsi untuk mensintesis protein?

    Balas

  31. Anonymous
    Sep 09, 2012 @ 15:52:34

    I like it biologi.

    Balas

  32. Aq mw nanya nech .pha sech fungsi lisosom.
    Sep 09, 2012 @ 15:54:36

    I like it biologi.

    Balas

  33. devi shintia
    Sep 17, 2012 @ 09:24:12

    aku suka biologi:)

    Balas

  34. yam
    Sep 18, 2012 @ 12:47:02

    kalo organel sel yang bertugas menghancurkan sel-sel yang telah mati itu apa kaka?

    Balas

    • aineainos
      Jan 16, 2013 @ 15:27:48

      sel makrofag
      jelasnya bisa baca di textbook histologi atau baca balasan komentar yg saya tulis di bagian bawah mengenai garis besar ttg sel makrofag :)

      Balas

  35. sisie
    Sep 24, 2012 @ 12:10:08

    pada sel prokariotik tidak memiliki membran inti, apakah sel prokarioti memiliki inti sel?

    Balas

  36. intan
    Sep 25, 2012 @ 16:04:55

    aku mau tanya!!
    apa fungsi dari vesikel pinositotis yaaaaa ???

    Balas

  37. Anonymous
    Okt 08, 2012 @ 06:37:59

    penjelasan membran sel sampai inti sel dong!!!

    Balas

  38. nyza
    Okt 08, 2012 @ 08:01:32

    mmmm, masih belum lengkap!!!

    Balas

  39. Hanif Ferdiansyah
    Okt 15, 2012 @ 12:52:53

    Thanks

    Balas

  40. Anonymous
    Okt 21, 2012 @ 11:26:18

    Apa fungsi dari vakuola???

    Balas

  41. Dwi Farhah Djauhari
    Okt 29, 2012 @ 05:59:39

    Makasih ya uda bntu kami dlm mnyelesaikan tgs.
    good luck ya@_@

    Balas

  42. Anonymous
    Okt 30, 2012 @ 08:13:47

    mksh ea dh bnt km ngrjain tugas kmi ni d sklh …………

    Balas

  43. Anonymous
    Okt 30, 2012 @ 08:15:27

    sya mau cri fungsi dr masing masing tau gk sih bdh amt jd orng

    Balas

  44. Anonymous
    Okt 30, 2012 @ 08:16:21

    sya tmau crifnsxmsg2 tau

    Balas

  45. Wawaw
    Nov 05, 2012 @ 08:07:35

    Organel apa yg mlawan kuman ktika trjadi luka, bgaimana cra.a?

    Balas

    • aineainos
      Jan 16, 2013 @ 14:45:32

      setau saya sih yg aktif melawan benda asing itu sel limfosit dan sel makrofag, cb baca ttg histologi

      Balas

    • aineainos
      Jan 16, 2013 @ 15:24:57

      jadi nanti ada 2sel yg berperan penting, yaitu sel makrofag dan plasma sel
      sel makrofag itu berperan aktif sebagai phagocytosis. kalau dalam perang, makrofag sbg prajurit pembawa pedang yg langsung melawan musuh. Sel ini yg aktif phagocytosis benda asing, sel rusak, sel tua, sel mati, dll yg kemudian dicerna oleh enzim hidrolitik dalam lysosoma.
      plasma sel ini berperan pasif. jadi hanya mengeluarkan antibody. kalau dlm perang, plasma sel ini sbg pemanah yg menyerang musuh tidak secara kontak langsung. plasma sel menghasilkan imunoglobin/antibodi yg beda untuk tiap antigen. biasa nya plasma sel banyak pada daerah yg ngalamin perdangan kronis.
      “itu secara garis besar nya aja, semoga bermanfaat :) makasih jg buat pemilik web ini atas info macam-macam organel sel”
      jgn lupa kunjungi blog ku yaa
      aineainos.blogspot.com

      Balas

    • Anonymous
      Jun 08, 2014 @ 07:44:22

      sel darah putih dengan memakannya

      Balas

  46. pyro_yoonhae
    Nov 26, 2012 @ 12:57:16

    fungsi organel sel??

    Balas

  47. Anonymous
    Des 12, 2012 @ 01:44:50

    fungsi centrosome

    Balas

  48. ani
    Jan 08, 2013 @ 12:17:20

    Retikulum endooplasma fungsinya apa??

    Balas

  49. tpajga
    Jan 15, 2013 @ 10:43:48

    t.A

    Balas

  50. aineainos
    Jan 16, 2013 @ 15:32:41

    saya suka artikel kamu ini, krn lumayan bermanfaat untuk mengingat lagi ttg organel sel. walaupun masih kurang lengkap, nama nya manusia kan gak ada yg sempurna hehehe
    paling tidak, kamu sudah meluangkan waktu untuk share pengetahuan kamu ke banyak orang. aku jg bisa share pengetahuan ku dr ke orang lain dr blog mu ini. tingkat kan terus yaa :)
    oiya, jgn lupa mampir dan follow blog ku yaa
    aineainos.blogspot.com
    thanks a lot :D

    Balas

  51. Deniss D'jokies Motocross Motocross
    Feb 24, 2013 @ 14:18:52

    msih blm lengkap tuchhhh,,,,,,,,,,

    Balas

  52. arctic fox
    Mar 02, 2013 @ 01:33:43

    tanya neh apa saja macam-macam rekasi kimia yang ada pada organel sel?

    Balas

  53. Josua
    Mar 30, 2013 @ 13:01:20

    maaf mau nanya,. rangsangan berupa cahaya yang tertangkap oleh mata akan di teruskan melalui jaringan ??

    Balas

  54. edy
    Apr 05, 2013 @ 04:18:01

    Lengkapppp…..

    Balas

  55. Anonymous
    Apr 08, 2013 @ 14:28:04

    saya ingin tanya fungsinya membran inti apa ?

    Balas

  56. Anonymous
    Apr 13, 2013 @ 07:16:39

    saya mau nanya fungsi amiloplas aph ?

    Balas

  57. vina
    Apr 19, 2013 @ 12:49:05

    mau tanya nih…
    pada makhluk hidup bersel tunggal, fungsi kehidupan atau tugas tugas tertentu dalam sel dilakukan oleh…
    a. membran sel
    b. inti sel
    c. sitoplasma
    d. organel sel

    Balas

  58. umar
    Mei 18, 2013 @ 02:17:04

    organel sel apa yg berdekatan dgn sistem membran?

    Balas

  59. lilabieber@yahoo.co.id
    Jul 18, 2013 @ 08:04:16

    organel sel yang berfungsi membentuk dinding sel pada tumbuhan apa sih..???

    Balas

  60. sayaa deonoven
    Jul 20, 2013 @ 08:13:16

    organel sel hewan & tumbuhan itu fungsi nya sama ya?

    Balas

  61. Rhamla 28
    Jul 20, 2013 @ 19:49:14

    Fungsi fakuola dan nukleus koq gk ada gtu… Yg punx web gk cantum ya : (

    Balas

  62. isnaeni hidayati
    Jul 26, 2013 @ 07:49:04

    fungsinya badan golgi apa?

    Balas

  63. she girl
    Agu 02, 2013 @ 12:54:05

    makasih catetannya udah bantuin tugas gue selesai :)

    Balas

  64. chyekka
    Agu 14, 2013 @ 11:33:20

    akhir.y tgas Q sLesai jga..!!! trimah kasih each taz info.y =D

    Balas

  65. aksan lorshop
    Agu 18, 2013 @ 11:14:16

    fungsi dari sitoplasma apa?? Bisa di bantu gaa

    Balas

  66. gue
    Agu 20, 2013 @ 17:11:19

    cukup membantu makasih :)

    Balas

  67. Anonymous
    Agu 21, 2013 @ 06:57:05

    apa fungsi badan okla . .?

    Balas

  68. laila
    Agu 24, 2013 @ 08:41:38

    makasih :) infonya.. Itu semua sangat membantu.

    Balas

  69. Anonymous
    Agu 25, 2013 @ 12:04:13

    saya senang baca artikel mu ini

    Balas

  70. Anonymous
    Agu 26, 2013 @ 13:57:32

    Tolong sebutkan struktur organel pada sel secara lengkap

    Balas

  71. vina
    Agu 27, 2013 @ 08:35:48

    organel sel itu ada banyak kan? bisa tolong sebutin semuanya gak? kalau bisa update sekarang.. minimal 25 lah:D beserta fungsi kalau bisa:D thanks

    Balas

  72. Fungsi dari flagela dan silia ada gk? Yg plng lngkp
    Agu 27, 2013 @ 13:59:43

    Facebook

    Balas

  73. unggul raya
    Agu 28, 2013 @ 10:02:52

    thank ini membantu ….

    Balas

  74. syatia perwira d. ( rhayhu )
    Agu 30, 2013 @ 13:58:11

    makasih informasinya ini sangat membantu untuk menyelesaikan tugas yang d kasih ma guru di sekolah

    Balas

  75. Anonymous
    Sep 03, 2013 @ 10:49:29

    makasih ya ini sangat berguna

    Balas

  76. Anonymous
    Sep 04, 2013 @ 11:51:27

    Mau nanya gan

    Balas

  77. Anonymous
    Sep 04, 2013 @ 11:52:30

    Kenapa setiap organela sel memiliki membran?baik tunggal maupun rangkap

    Balas

    • imaisfree
      Jun 15, 2014 @ 06:23:15

      organela itu di sel, jika di tubuh manusia bisa diibaratkan sebagai organ, misal organ jantung, paru, hati, usus, ginjal, otak,, mereka semua punya pembatas, gunanya banyak sekalii untuk keberlangsungan fungsi organela/ organ itu. Beberapa fungsinya adalah untuk memfokuskan fungsi kerjanya, mengefektifkan kerjanya sehingga zat2 aktif yang terlibat reaksi di dalam organel itu tidak bocor keluar, kalau bocor keluar itu belum tentu baik lho efeknya, bisa saja beracun bagi lingkungan sitoplasma..
      terimakasih commentnya :)
      maaf kalau ada yg masih kurang baik

      Balas

  78. Anonymous
    Sep 06, 2013 @ 08:00:13

    gak ngerti , kan SEL TUMBUHAN , organelx trdiri dari
    dinding sel
    badan golgi
    vakuola
    mitokondria
    nukleus
    retikulum endoplasma
    nukleolus
    kloroplasma
    membran sel

    Balas

  79. Anonymous
    Sep 08, 2013 @ 13:52:29

    thanks

    Balas

  80. ʚDragon Spazzerɞ (@dhiv_dhiv)
    Sep 11, 2013 @ 11:27:43

    intinya fungsi vakuola itu apa ? :)
    *thanks postingannya berguna banget

    Balas

  81. hanter oriko
    Sep 11, 2013 @ 22:13:47

    maksi atas bantuanNya100%

    Balas

  82. Anonymous
    Sep 12, 2013 @ 13:03:17

    fungsinya ?

    Balas

  83. Anonymous
    Sep 15, 2013 @ 05:58:48

    smooth endoplasmic reticulum fungsi’a pha sih,?

    Balas

  84. Anonymous
    Sep 21, 2013 @ 00:55:45

    daftar pustakanya mna yeach

    Balas

  85. Anonymous
    Sep 22, 2013 @ 01:01:53

    lumayan membantu :))

    Balas

  86. Anonymous
    Sep 22, 2013 @ 01:02:42

    Arigotou gozaimasu :D

    Balas

  87. Anonymous
    Sep 22, 2013 @ 01:03:26

    SOOOO BAdddd :( :@

    Balas

  88. Trackback: Aplinet » Blog Archive » Biologi Sel
  89. Trackback: Biologi Sel | astriarimbi
  90. vira aja
    Sep 27, 2013 @ 12:44:19

    fungsinya sel hewan apa ya ?

    Balas

  91. Anonymous
    Okt 10, 2013 @ 01:49:57

    tolong dong, apa yang dimaksudkan dengan kapsula dan fungsinya pada bagia-bagian sel, trm ksh..

    Balas

  92. Tarmizi
    Okt 10, 2013 @ 01:56:29

    fungsi kapsula pada sel dan pengertiannya apa ya….

    Balas

  93. dhefy
    Okt 11, 2013 @ 08:10:22

    fungsi utama ribosom dalam sel itu apa…?

    Balas

  94. Aini
    Okt 11, 2013 @ 10:23:14

    Thanks… artikelnya sangat membantu…

    Balas

  95. Rambu Erlyn Mura Ngguna
    Okt 16, 2013 @ 06:10:56

    I like it :)

    ‘GoD BLess yOu’

    Balas

  96. Anonymous
    Okt 25, 2013 @ 11:59:07

    gak ada refrensinya kah ??…

    Balas

  97. rino
    Okt 27, 2013 @ 13:57:55

    apa fungsi membran ?

    Balas

  98. vidya
    Okt 28, 2013 @ 04:02:40

    maaf, mau tanya kalo hasil metabolisme pada tumbuhan di simpan pada organel apa??

    Balas

  99. koen pamungkas
    Okt 30, 2013 @ 14:00:48

    makasih ilmunya hehe, aq kopipes ya buat blajar, besuk uts hehehe

    Balas

  100. Anonymous
    Nov 02, 2013 @ 08:52:49

    Alhamdulillah slesai jgah

    Balas

  101. meily
    Nov 09, 2013 @ 12:18:43

    mksh telah memberi saya pengetahuan sedikit

    Balas

  102. kadek feby
    Nov 22, 2013 @ 00:37:27

    saya ingin bertanya…..
    apa fungsi dari mitokondria…..?????

    Balas

  103. Aldy Itu Fita ever
    Des 11, 2013 @ 07:32:57

    saya mau tanya….
    kenapa nggak ada gambarnya?
    padahal jika kasih gambar pasti bagus :)

    Balas

  104. Sahruni
    Jan 06, 2014 @ 12:44:11

    kak pengen nanya, kan sy dapat gambar sel terus ada vesikel periositotik, apa itu fungsinya sama dengan yg peroksisom ?

    Balas

  105. bayu
    Jan 12, 2014 @ 02:57:33

    Aq mau tanya dinding sel berfungsi
    2. Membran sel berfungsi
    3. Sitoplasma berfungsi
    4. Mitokondria berfungsi
    5. Nukleus berfungsi

    Balas

  106. thae kerophy
    Jan 12, 2014 @ 07:16:25

    walaupun aku anak ips tapi mengetahui ilmu biologi asyik juga lohhhhh

    Balas

  107. chelsy bladesss
    Feb 18, 2014 @ 05:25:18

    ah yg bener dhhonnk ?
    jangan alasan lu

    Balas

  108. colinzz marvel tuhumenna
    Feb 18, 2014 @ 05:32:02

    kok kaga ada fungsi mitokondria ?

    Balas

  109. yohana magdalena melvin tuhumenna
    Feb 18, 2014 @ 05:36:49

    matematika : biar gw pntr matematika tapi gw fans juga mha ipa
    asikk bener !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas

  110. Santi
    Mar 03, 2014 @ 00:33:35

    Trims..moga UKG besok sukses deh. Aamiin.

    Balas

  111. steven kim
    Mar 18, 2014 @ 14:05:27

    khusus yg buat proram atau situs ini,, makasih yah, karena adanya ini, saya jadi bisa belajar makin giat,,,,:)

    Balas

    • imaisfree
      Jun 15, 2014 @ 06:11:55

      Alhamdulillah :)
      saya juga jadi lebih termotivasi untuk belajar dan sharing ilmu karena comment-comment kalian semua.
      Terimakasih sudah mampir :)

      Balas

  112. Anonymous
    Mar 19, 2014 @ 11:32:06

    Saya mau tanya kalau persamaan sel tumbuhan dan sel hewan saya tdk dapat

    Balas

  113. Natlie
    Apr 03, 2014 @ 02:27:57

    mikrotubulus itu ada pada hewan atau tumbuhan ya ?

    Balas

  114. Choi Ye Ryn
    Apr 03, 2014 @ 13:59:40

    sorry for Blog This .. aku ngecops ya .. thanks utk yg pnya blog ini ..

    Balas

  115. HyunWon
    Apr 12, 2014 @ 11:04:16

    Thanks infonya kak… ;-)
    Ini bisa bantu aku ngerjain soal ^_^

    Balas

  116. elza chikal
    Mei 06, 2014 @ 12:28:38

    apha cih sel yg mengandung plastida????

    Balas

  117. elza fitri amalia
    Mei 06, 2014 @ 12:40:34

    tak tahi?

    Balas

  118. elza fitri amalia
    Mei 06, 2014 @ 12:41:44

    tak tahi?jf

    Balas

  119. Utari
    Mei 18, 2014 @ 09:00:59

    Tolongin ya
    Sel tumbuhan mempunyai dinding sel.Fungsi dinding sel tersebut adalah…
    a.Tempat berlangsung nya reaksi kimia oleh sel
    b.Mengatur dan memilih zat yang masuk dan keluar sel
    c.Mengatur semua kegiatan sel
    d.Melindungi bagian sel yang letak nya lebih dalam

    Balas

  120. imaisfree
    Jun 15, 2014 @ 06:09:05

    teman-teman semua,, saya mohon maaf sebesar-besarnya karena lama tidak mengurus blog saya yg satu ini :(
    terimakasih sudah mampir dan bertanya. comment2nya saya jawab saja ya walau terlambat, siapa tau ada orang lain yang bisa belajar dari situ. :)

    Balas

  121. Wera fesa
    Jun 19, 2014 @ 06:49:50

    proses fungsi sel dan tujuan sel ko ngak ada ja

    Balas

  122. Anonymous
    Agu 08, 2014 @ 13:53:56

    Terima kasih ya

    Balas

  123. Diah Ayu Fadhilurrahman
    Agu 09, 2014 @ 05:04:15

    lengkap banget, cuma belum ada gambarnya.
    thank you ;)

    Balas

  124. Ellen safitri
    Agu 12, 2014 @ 02:38:49

    Trims

    Balas

  125. sandi
    Agu 13, 2014 @ 03:06:28

    mengapa sel itu sangat kecil

    Balas

  126. linda
    Agu 13, 2014 @ 11:33:36

    Kalau organel sel itu mulai dari membran plasma atau mitokondria?

    Balas

  127. ardhi
    Agu 13, 2014 @ 13:49:37

    . fungsi Kloroplas apa ya ?

    Balas

  128. Yanty
    Agu 14, 2014 @ 11:47:29

    Organel sel itu ada berapa sih?

    Balas

  129. Nadhirah
    Agu 16, 2014 @ 06:14:14

    kok gak ada gambarnya sih?

    Balas

  130. Nadhirah Jamilah
    Agu 16, 2014 @ 06:23:22

    aku mau gambarnya masing masing dong……. :)

    Balas

  131. Anonymous
    Agu 18, 2014 @ 11:41:26

    gelut ae

    Balas

  132. afridah
    Agu 19, 2014 @ 11:28:46

    Apasih fungsi dari membran sel dan amy loplast
    Tlong dibalasy

    Balas

  133. nur asiska
    Agu 21, 2014 @ 12:23:35

    trima kasi yach atas jawabanya

    Balas

  134. Nufiya angel
    Agu 21, 2014 @ 12:43:29

    Terima ksih atz bntuannya, krn sya bsa mngerjakn tugaz,,,,,

    Balas

  135. Anonymous
    Agu 21, 2014 @ 12:50:50

    Saya pengen nnya. Lebih banyak manakah kandungan badan golgi sel hewan dengan sel tumbuhan. Lebih banyak manakah mitokondria sel otot dengan sel lambung dan lebih banyak manakah sel hati dengan sel pankreas. Fungsi dari sel eukariotik dan prokariotik?

    Balas

  136. inna
    Agu 30, 2014 @ 12:39:39

    jelaskan kerjasama antara nukleus ribosom dan RE :( pliss minta bantuannya

    Balas

  137. ppit
    Sep 01, 2014 @ 10:27:23

    koq ga jelas dan lengkap sii.. bngung.. nyari ny.. laen kali yg jelas.. hheeeeemmmh

    Balas

  138. sumiatun
    Sep 02, 2014 @ 10:27:21

    sukron kx ats bntuan ny

    Balas

  139. sumiatun
    Sep 02, 2014 @ 10:29:21

    sukron kx ats bntuan ny…-

    Balas

  140. Anonymous
    Sep 05, 2014 @ 00:49:34

    Boleh nanya gak persamaan dari membran sel dan inti sel

    Balas

  141. jihan
    Sep 09, 2014 @ 22:18:15

    Makasih

    Balas

  142. fanesa
    Sep 14, 2014 @ 10:27:00

    hmmmm… banyak juga yaahhh… -_-

    Balas

  143. Anonymous
    Sep 29, 2014 @ 14:44:40

    love it

    Balas

  144. Anonymous
    Sep 30, 2014 @ 13:48:34

    benyak cong

    Balas

  145. Anonymous
    Okt 13, 2014 @ 12:30:08

    thanks tol!

    Balas

  146. andi
    Okt 14, 2014 @ 08:16:57

    terima kasih atas ilmu yang di berikan kepada saya……….walau pun tidak terlalu lengkap tapi setidak nya membantu…………….:D

    Balas

  147. Anonymous
    Okt 14, 2014 @ 10:47:16

    jangan berantem

    Balas

  148. Nida
    Okt 15, 2014 @ 14:05:58

    contoh contoh sel apa saja?

    Balas

  149. Anonymous
    Okt 19, 2014 @ 03:13:55

    kalau organel sel yang berkaitan dengan reproduksi sel apa saja?
    mohon bantuannya…

    Balas

  150. yanti
    Okt 22, 2014 @ 06:38:35

    Epitel2nya bagus!!!

    Balas

  151. Ariz Aquino
    Okt 26, 2014 @ 16:08:22

    mau tanya pengertian dan fungsi dari rahide cristal dan druse cristal juga amiloplast????
    yang tau tlong dlu

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: