The Glass Palace

Aku barusan aja selesai baca novel yg judulnya ‘The Glass Palace (Istana Kaca)’ . Novel setebal 621 halaman ini menyajikan cerita yang menarik. Ceritanya tak hanya dilihat dari satu sudut tokoh, tapi berbagai tokoh. Sang pengarang, Amitav Ghosh,  lihai dalam mendeskripsikan berbagai tokoh dengan sifatnya, tempat tinggalnya, lalu keadaan masyarakat pada saat itu, keadaan politik dan isu isu lainnya sehingga tidak membosankan dan akan membuatmu ketagihan membaca.

Awal dari semuanya berasal ketika Rajkumar, bocah 11 tahun asal India yang kehilangan seluruh anggota keluarganya karena wabah penyakit, tiba di Mandalay dan memulai semua petualangan besarnya.

Tak disangka, du suatu fajar yang kelam, kapal-kapal Inggris menginvasi Burma. Raja terakhir Burma beserta keluarganya pun diasingkan. Rajkumar yang berada dalam situasi mengerikan itu secara tak sengaja bertemu dengan Dolly, gadis yatim piatu yang menjadi pelayan Ratu Burma. Raja dan keluarganya, beserta para pelayan pada akhirnya diasingkan ke sebuah tempat terpencil di India. Sebelum mereka pergi, Rajkumar mengatakan pada Dolly bahwa ia akan menemui Dolly lagi.

Rajkumar yang sebatang kara juga belajar cara berdagang kayu dan akhirnyasukses dan kaya raya dalam bisnis perkayuannya. Ia pun sering bepergian dan pada suatu saat ia pergi ke Ratnagiri yang ternyata juga menjadi tempat pengasingan Raja Burma dan keluarganya. Akankan dia bertemu dengan Dolly? Ya. Setelah 2o tahun, mereka secara tak sengaja bertemu lagi atas bantuan Uma Dey.

Rajkumar dan Dolly menikah, lalu mereka mempunyai 2 anak, Neel dan Dinu. Neel mirip Rajkumar dan Dinu yang mirip Dolly dan lemah fisiknya .

Di dalam novel ini semuanya dibahas ringkas tapi menyeluruh, mulai dari masa kecil Rajkumar saat wabah melanda dan merenggut keluarganya, tentang kehidupan rakyat Mandalay beserta kehidupan keluarga Raja, tentang karier Rajkumar sejak Inggris menginvasi Burma, tentang kehidupan Raja dalam pengasingannya di Ratnagiri, tentang dehidupan Rajkumar setelah menikah dan punya anak, tentang neel dan dinu , tentang uma dey yang masih menjalin komunikasi dengan Dolly tapi tidak disukai Rajkumar. Ada pula Saya John yang telah dikenalnya sejak 11 tahun.

 

pokoknya asyik deh baca buku ini. aku sampai terisak isak bacanya

1 Komentar (+add yours?)

  1. bonekarusia
    Apr 16, 2012 @ 09:51:36

    Iya sama, aku juga suka sekali novel ini dan terisak-isak bacanya…😦

    Salam kenal Ima…🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: