Kita pasti tahu peraturan resmi wajib memakai helm standar saat menaiki motor yang berjalan. Kita para muslimah, juga harus tahu peraturan resmi dari Allah wajib berjilbab jika ada laki-laki yang bukan mukhrim.

Sebenarnya apa sih yang membuat kita jadi wajib memakai helm standar? Yaitu saat kita menaiki motor yang dihidupkan dan motor itu berjalan. Entah sedekat apapun tujuan kita berkendara, ataupun sama sekali tidak ada polisi yang mengawasi, jika menaiki motor yang hendak dijalankan, otomatis helm pun jadi wajib dipakai!

Apa juga yang membuat jilbab jadi wajib digunakan oleh para perempuan? Yaitu saat bertemu dengan laki-laki yang bukan mukhrimya, walau itu di rumah kita sendiri.

Tapi apa kenyataannya? Sebagian besar pengendara motor maupun penumpangnya TIDAK memakai helm saat mereka bepergian jarak dekat ataupun di daerah yang tak berpolisi. Hal ini sungguhlah miris, karena peraturan itu dibuat untuk keselamatan, bukan sekedar formalitas.

Dan kenyataan pula bahwa banyak perempuan yang saat bepergian berjilbab,  tapi di sekitar rumah sendiri tidak, padahal mereka juga bertemu dengan laki-laki yang bukan mukhrim. Sungguh miris juga bukan?!

Atau mungkin seperti ini. Memakai helm standar tapi tidak dikaitkan talinya. Sama saja. Tidak seratus persen melindungi.

Begitu pula muslimah yang memakai jilbab, tapi tidak sesuai ketentuan Allah. Berjilbab, tapi masih berpakaian ketat, jilbab tidak menutupi sampai dada, berjilbab tapi bawahan (rok/celana) tidak sempurna menutupi tubuh. Maka tidak sempurna pula perlindungan yang kita dapatkan.

Perlu kesadaran penuh dan pemaksaan dari diri sendiri untuk memakai helm saat naik motor, begitu pun halnya dengan memakai jilbab. Dukungan orang-orang sekitar memang sangat penting. Tapi motivasi dari diri sendiri lebih penting lagi.

Dalam tulisan ini, saya hanya ingin berbagi pengetahuan buah pemikiran saya kepada siapapun yang membaca. Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi anda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: